Pertemuan ke 1 - Introduction To Linked List - 2101650026- Kenny Wijaya

Struct/Structure adalah tipe data bentukan yang berisi kumpulan variabel-variabel yang berada dalam satu nama yang sama dan memiliki kaitan satu sama lain. Berbeda dengan array hanya berupa kumpulan variabel yang bertipe data sama, struct bisa memiliki variabel-variabel yang bertipe data sama atau berbeda, bahkan bisa menyimpan variabel yang bertipe data array atau struct itu sendiri. Variabel-variabel yang menjadi anggota struct disebut dengan elemen struct.

Array hanya bisa menyimpan data dengan tipe data yang sama. Sedangkan struct bisa juga dikatakan sebagai tipe data baru yang dapat menampung berbagai tipe data lain yang berbeda

  • Penggunaan/pemakaian tipe data struct dilakukan dengan membuat suatu variabel yang bertipe data struct tersebut
  • Pengaksesan elemen struct dilakukan secara individual dengan menyebutkan nama variabel struct diikuti dengan operator titik (.)
Contoh Penggunaan Struct :
struct tdata {
  int   age;
  char  name[100];

  float score;
};
         
Pengertian Linked List
          Linked list adalah sekumpulan elemen bertipe sama, yang mempunyai keterurutan tertentu,yang setiap elemennya terdiri dari dua bagian Linked list juga merupakan suatu cara untuk menyimpan data dengan struktur sehingga dapat secara otomatis menciptakan suatu tempat baru untuk menyimpan data yang diperlukan. Struktur ini lebih dinamis karena banyaknya elemen dengan mudah ditambah atau dikurangi, berbeda dengan array yang ukurannya tetap. berikut gambaran kecil mengenai linked list.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Ke 3- Linked List Implementation II - 2101650026 - Kenny Wijaya

Pertemuan Ke 2 - Linked List Implementation - 2101650026 - Kenny Wijaya

Pertemuan ke 1 - Pointer,Array And Introduction To Data Structure - 2101650026 - Kenny Wijaya